Friday 3 August 2012

Connect USB Modem Ke Android

Jika kita memiliki smartphone ataupun tablet android tentu kita Sangat menginginkan Device Android kita ini untuk bisa langsung terkoneksi ke Internet. Hal ini bisa dilakukan jika di device Android kita dilengkapi slot kartu baik GSM maupun CDMA yg sekaligus dilengkapi modem.Nah masalahnya gmana jika Device Android (Tablet) ini tidak dilengkapi slot kartu SIM.Menggunakan wifi?Bagi yang tiap hari berkecimpung di area free wifi sih enak..klo enggak????? Timbul Pertanyaan......?(jadi ikutan salah satu kontestan Standup Komedi yg lalu)
Salah satu jalan lain yaitu menggunakan USB Modem.


Supaya USB Modem terdeteksi android

Saya akan berbagi bagaimana agar modem USB yang anda punya bisa berfungsi di android tablet PC anda.

Pada umumnya modem yang dipasarkan sudah plug and play ketika di attach ke PC anda karena dalam modem USB tersebut terdapat 3 device yaitu : Modem, Virtual CD Rom dan Card Reader.

Dalam hal ini tentu tidak bermasalah ketika anda mencolokan modem tersebut dalam PC anda, karena ke 3 fungsi device tersebut akan berjalan secara otomatis menginstall software dan driver modem tersebut ke dalam PC anda secara otomatis.

Sedangkan dalam Tablet PC yang berbasis android tidak akan berfungsi seperti pada PC, karena Pada tablet PC yang berbasis Android hanya akan membaca fungsi modem saja untuk melakukan koneksi ke internet.

Di bawah ini akan saya berikan totorial bagaimana menghilangkan fungsi Virtual drive dan card reader, sehingga hanya Modem saja yang bisa terbaca oleh Android Tablet PC, sehingga anda bisa melakukan surfing menggunakan Android tablet PC yang belum dilengkapi modem didalamnya.

Anda memrlukan PC untuk mengubah konfigurasi standar modem yang anda punya sehingga berfungsi pada Tablet PC yang Berbasis OS Android.

1.       Colokan Modem anda pada PC, Pastikan modem tersebut terdeteksi oleh komputer anda, periksa pada My Computer akan keluar drive tambahan.
2.       Setelah terdeteksi coba anda sambungkan ke internet, sehingga bisa tersambung dengan sempurna.
3.       Putuskan sambungan internet anda, matikan semua program yang berhubungan dengan koneksi.
4.       Run Hyper Terminal program, anda dapat menemukan program ini di : Start> Programs> Accessories> Communications> Hyper Terminal.
5.       Pada " Connection Deescription" ketikan merk modem yang anda punya misal "Huawei" (yang saya pakai disini merk modem dari Huawei), kemudian tunggu pada bar di bawah sampai keluar tulisan "connect"
6.       Pada menu bar di "Connection Description" pilih "connect using" pilih modem yang terdeteksi misal " HUAWEI Mobile Connect - 3G Modem" kemudian klik OK
7.       Dan akan keluar setting koneksi dengan meminta masukan no dial dan parameter lain, anda bisa cancel proses tersebut.
8.       Kenmudian pada Toolbar program, ikuti langkah berikut : "Properties" à Akan terbuka properties window à pada modem "pilih tab" Setting à Click "ASCIISetup" à cecklist "Show input characters on the screen." kemudian klik OK. Tutup program setting kemudian klik "OK" ketika program sudah tertutup pada main program Hyper Terminal anda akan mendapatkan kursor yang berkedip
9.         Nyalakan CapsLocks ada pada keyboardm kemudian ketikan perintah AT, kemudian enter, anda akan menrima kata OK pada program tersebut, ini menandakan ada sudah bisa merubah konfigurasi standar modem anda.
10.   Ketik perintah di bawah ini untuk meubah konfigurasi modem anda dengan perintah :
  • AT ^ U2DIAG = 0 (device-only modem)
  • AT ^ U2DIAG = 1 (the device as a modem + CD-ROM)
  • AT ^ U2DIAG = 255 (the device as a modem + CD-ROM + Card Reader)
  • AT ^ U2DIAG = 256 (the device as a modem + Card Reader).
  • Untuk setting Modem pada Android tablet, USB modem anda hanya berfungsi sebagai modem ketikan perintah : AT ^ U2DIAG = 0, kemudian  press ENTER, dan anda akam melihat status OK. à Tutup Hyper Terminal dengan memilih kata "Yes"
Untuk mengembalikan fungsi di atas anda dapat memulai cara2 di atas dari awal.
Diambil dari salah satu blog teman.semoga bermanfaat.....

48 comments:

  1. gan... kalau buat Android yang biasa cara di atas bisa ga ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu jga mas yakob.gada salahnya anda coba.Sapa tau lancar jaya malahan..

      Delete
  2. berarti gan recomended nya modem HUWAWEI ya gan??
    soalnya baca" d blog sebelah d recomendedin ny HUWAWEI ma ZTE gan
    trus pake kabel OTG kan gan??

    v ane coba dulu deh pake modem merk laen, kalau nga baru beli merk huwawei...
    ane nitip jejak dulu deh gan :D

    ReplyDelete
  3. Iya mas hilman...dari pengalaman ane android cman support modem Huawei dan sebagian ZTE...ane pnah pake Venus.prolink.Smartfren gak kedetect...
    Bener sekali pake kabel OTG.

    ReplyDelete
  4. Gan punya ane kagak ada tulisan communication apalagi hyper terminal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake OS Windows versi berapa gan?
      Coba masuk control panel trus add remove program....add/remove windows component

      Delete
    2. gan saya pake windows 7 home basic 32 bit .. kok gak ada tulisan "hyper terminal", klo masuk control panel trus "add remove programnya" gak ada yg ada "Uninstall a Program"...mohon pencerahan

      Delete
    3. Kebetulan ane masih setia pake windows XP gan...untuk OS lain terus terang saya kurang menguasai betul, agan coba" aja sapa tau ketemu.maaf gak bisa bantu....

      Delete
  5. Gan? Laptop saya kan ada dua OS, Win7 dan Android ,nah saya mau connectkan modem (Prolink) saya ke OS Android nya gimana cara nya? apakah sama aj seperti cara di atas ini? Thank gan~

    ReplyDelete
    Replies
    1. OS Android mas?....Maksudnya pake emulator/gmana?(Bluestack,Youwave,Jar of Beans,Virtual Machine ato yang lain)
      Setahu saya gada OS Android buat Komputer...adanya pake emulator..klo pake emulator Modem mas dikoneksikan dulu via Win 7 baru deh di emulator atau yg anda sebut OS android tersebut konek internet.

      Delete
    2. Oh...maaf untuk Android x86 bit saya kurang begitu faham karena masih baru...sorry

      Delete
  6. awalnya sya berhsil menghapus fungsi card reader dan cd-romnya dan connect di tablet. tp skrng mau sya kembalikan kesemula kok ga bisa ya. sya pake window8. dam modem huawei e1630.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba install ulang driver cdrom sama card reader tersebut gan.klo anda gak punya bisa download internet...dgn merk dan tipe laptop anda tentunya...

      Delete
    2. Udah dicari tp g ktemu2 gan. Klo pake file instaler modem tipe lain bisa ga ya?

      Delete
    3. Maksudnya dengan merk dan type laptop anda itu gmna ya?

      Delete
    4. Coba uninstall dulu drivernya gan terus install ulang...Maksudnya kalo anda mau mencoba mengembalikan ke awal...Anda bisa mengunduh driver yang anda perlukan tersebut di internet gan..
      Misal pake kata kunci "Driver cdrom TOS**BA type .... untuk windows 8"

      Delete
  7. tolong dong kasih pin bb nya,... atau invite pin sya 54856752..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ane gak pake BB gan Anonymous...pake Whatsapp dan email saja gpp....klo ada yg ditanyakan bisa via komen dsini juga gpp.pasti saya jawab kok.

      Delete
  8. Kalau misalkan gagal modem nya rusak ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apabila sudah benar dalam mengikuti urutan proses seperti diatas gak akan rusak kok gan

      Delete
  9. Setelah di setting modemnya nanti masi bisa di pakai buat laptop nya gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agar bisa digunakan buat laptop ulangi proses diatas ( hanya bisa dipakai di tablet saja)

      Delete
  10. Karena saya punya tablet tapi tidak ada slot kartunya jdi cma bisa pakai wifi

    ReplyDelete
  11. hp saya 1 kartu sim.apakah bisa saya tambah 1 sim lagi dengan pasang modem ke hp saya?. maksud. biar bisa dual sim.

    ReplyDelete
    Replies
    1. HP-nya tipe apaan gan? Setau ane kartu di modem cuman bisa buat internetan saja bukan untuk call atau telefon.Tapi gada salahnya anda coba sendiri gan..mudah mudahan sukses..

      Delete
  12. saya coba untuk modem tipe ivio gak bsa ya gan,,apa krna nggak support ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak semua merk tablet android support semua modem gan....biasanya emang merk tertentu hanya support merk tertentu pula.Semangat Gan...!

      Delete
  13. udah saya coba cara diatas, tetap di tablet saya gak kedetect modemnya gan tidak bisa tersambung internet..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang tidak semua merk tablet android support semua modem gan....biasanya emang merk tertentu hanya support merk tertentu pula.Semangat Gan...!

      Delete
  14. Gan apa prolink phs600 bs lngsung disambungkan ke android samsung galaxy express 2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas Anarki Biru saya belum pernah mencoba untuk device tersebut,namun anda bisa mencoba cara cara yg saya uraikan diatas.Terima Kasih

      Delete
  15. klo android versi 4.42 bisa ngga mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya bisa mas Nur Rahmat HDYT...selamat Mencoba

      Delete
  16. prolink phs 300 intuk
    di hypertrmnl AT^U2DIAG=0 (ERROR)
    pdhal yang AT (OK)
    mhon bantuan nya gan,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmungkinan ada masalah di hardwarenya mas lukman...atau coba sdcard anda lepas dulu di modem (prolink).

      Delete
  17. Mas udah pernah nyoba di modem STC 4G?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah maaf mas untuk device tersebut saya blum pernah coba.

      Delete
  18. Maaf kalo buat hp smartfren 4g bisa pake modem apa aja gak ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf untuk device tersebut kebetulan saya belum pernah pakai anda bisa tanya langsung aja ke service center smartfrennya. atao kalo nggak coba aja jelajahi internet modem apa yg cocok untuk device tersebut.

      Delete
  19. mas Heri Wijanarko misal HP saya CDMA tpi modemnya pake simcard GSM bisa kagak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kebetulan saya belum pernah mencoba mas/mbak, kemungkinan bisa saja soalnya dia kan gak ngambil modem di HP tapi langsung ke modem eksternal

      Delete
  20. halo mas heri, saya pake windows 8 dan udah coba modem qualcomm. udah sampai tahap masukin konfigurasi AT ^ U2DIAG = 0 eh malah error. udah coba juga yang 1, 255, dan 256 tetap error pula. gimana itu mas, udah puyeng saya.. mohon masukan. trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk win 8 saya kurang faham benar gan, tapi harusnya sama saja.Semangat Gan...!

      Delete
    2. Gan sy peranh hubungakn modem huawei di tabletku tapi timbul logo sim card di garis miring ..

      Delete
  21. Gan sya pakai modem huawei tapi pas sy hubungkan me tablet sy gk kebaca .. Tabletku onda v80 plus dual os win 10 dan android 5.0 lalipop ... Mohon solusinya gan trmahkasih ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kedua dvice tersebut saya belum pernah pakai gan jdi kurang begitu faham..Maaf mas gak bisa bantu banyak..

      Delete

Silahkan tulis Komentar anda disini !